Merasakan Liburan Adat Istiadat serta Lomba Kicau Burung di Pemandian Air Panas Lengenharjo,.

Daerah Pemandian air hangat Langenharjo terletak di Jl. Langen Harjo, Dusun II, Langenharjo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Pada mulanya bangunan ini didirikan oleh Sunan Paku Buwono IX tahun 1870-an, serta baru diselesaikan pembangunannya oleh Sunan Paku Buwono X tahun 15 Juli 1931.

Tempat ini dibangun untuk persinggahan yang nyaman dan damai, serta dipakai sebagai daerah wisata para keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta.

Berdasarkan Puguh, selaku pembina LA Zona sekaligus Warga disekitar Pemandian membeberkan, apabila air disini mengandung belerang yang bermanfaat bagi kesehatan kulit yang dipercaya mampu mengobati beraneka penyakit kulit seperti panu, kurap, dan lainnya.

"Dahulu terdapat sumber gas serta bisa diaplikasikan untuk menyalakan api, sehingga bisa diaplikasikan sebagai penerangan disekitar lokasi," terang Puguh.

Pemandian ini dulu pernah direnovasi dengan dilengkapi bak dan kamar mandi serta bak untuk berendam air panas dan terbuka untuk umum. Melainkan keberadaan air panas ini sudah berkurang seiring menghilangnya sumber air panas pada lokasi tersebut. Akibatnya pengunjung yang datang mulai semakin berkurang.

Untuk melestarikan daerah bersejarah ini, Puguh serta timnya memanfaatkan halaman pemandian air panas ini untuk mengadakan laga kicau burung. Walhasil, tiap-tiap perlombaan diadakan ratusan pengunjung memenuhi tempat ini.

"Jadi disini peninggalan tempat kultur yang diterapkan untuk berwisata dan berekreasi, dan kita gabungkan dengan pertandingan ini," jelas Puguh.

Berdasarkan ketua panita LA Zona, Danar, terdapat 20 sesi yang diperlombakan dalam kancah mingguan ini, untuk jenis burung Lovebird, Kenari, dan Campuran Import. Cek bermacam-macam info tentang Mp3 Kenari disini.

"Jawara 1-3 akan mendapat hadiah berupa uang pembinaan, piagam, dan tropi, sementara juara 4 mendapatkan uang pembinaan dan piagam" ucap Danar.